Uniknya New Normal di SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan


Menghadapi masa-masa normal baru saat ini dimana virus Corona masih mewabah, memaksa pola pendidikan dan kebiasaan lama ikut berubah.

Begitu juga pola pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan yang telah berdiri sejak tahun 1987, ikut menyesuaikan kondisi dan situasi New Normal. Salah satu penyesuaian tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran serta ujian dirumah menggunakan aplikasi Edumu.

Edumu atau Edukasi Digital Muhammadiyah adalah sebuah sistem online yang eksklusif hanya diperuntukkan bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah. Pendidikan online yang terintegrasi dalam satu sistem melibatkan Guru, Siswa dan Orangtua siswa dalam proses belajar mengajar.

Sistem Edumu mendukung platform Android, iPhone dan aplikasi berbasis browser untuk windows serta MAC PC.



Penerapan sistem pembelajaran tersebut sebenarnya sudah lama digunakan SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan, dengan berbagai keunggulan seperti:
- Pemberian tugas guru dan upload tugas siswa melalui ponsel Android serta iPhone
- Absensi online menggunakan foto dan GPS
- Melakukan ulangan harian dan ujian semester dirumah, dengan melibatkan orangtua yang juga menggunakan aplikasi Edumu diponsel pribadinya
- Orangtua dapat memantau secara langsung semua aktivitas anaknya dengan akses tersendiri diaplikasi Edumu Wali.

Untuk Ujian Semester Akhir kali ini, dilakukan secara online dirumah dengan pengawasan orangtua, menggunakan aplikasi Edumu.

Dengan keunggulan tersebut, dapat dikatakan SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan telah siap menghadapi tahun ajaran baru new normal 2020/2021.

GRATIS BIAYA MASUK
Khusus Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020, manajemen SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan juga membebaskan calon siswa dari biaya pendaftaran, biaya formulir, biaya gedung, atau DPP untuk 10 pendaftar pertama setiap jurusan.

Misi tersebut selaras dengan fokus sekolah Muhammadiyah sebagai sebuah media beramal baik dan dakwah islam, membimbing generasi muda sukses tidak hanya skala dunia tapi juga pondasi kuat iman dan aqidah islam.


MATA PELAJARAN EKSKLUSIF
SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan menggelar dua jurusan yaitu Ilmu-ilmu Sosial (IIS / IPS) dan Matematika dan Ilmu Alam (MIA / IPA). Dan memiliki kurikulum lokal bernama ISMUBA, terdiri dari mata pelajaran:
- Al-Quran dan Hadits
- Bahasa Arab
- Aqidah Akhlak
- Fiqih
- Tarikh, dan
- KMD

Kurikulum ISMUBA disiapkan agar peserta didik memiliki bekal kecerdasan spiritual dan emosional tinggi yang tidak didapat sekolah Negeri maupun Swasta lain.

Sehingga lulusan SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan tidak hanya mendapatkan manfaat ilmu dan kecerdasan intelektual, tapi terasah pondasi kesholehan berislam yang sebenar-benarnya.


EKSTRAKURIKULER TINGKAT NASIONAL
SMA Muhammadiyah 1 Balikpapan memberikan kebebasan kepada siswa mengasah minat dan kemampuan dengan berbagai kegiatan tambahan berupa Ekstrakurikuler. Beberapa diantaranya telah memiliki jaringan diseluruh Indonesia, bahkan diakui oleh Dunia.

Diantara pilihan kegiatan tersebut adalah:
- Ikatan Pelajar Muhammadiyah
- Hizbul Wathan
- Pencak Silat Tapak Suci
- English Club, dan 
- Paduan Suara