Pesan Moral untuk Kalian yang Hobi Memancing

Pandemi bukan jadi penghalang menyalurkan hobi. Salah satunya ialah menyalurkan kegemaran memancing.

Rachmat Kurnia, Hobi Memancing


Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Penajam Paser Utara, Rachmat Kurnia memberikan pemaparan pentingnya bagi insan yang memiliki hobi memancing.

Walaupun hal ini terdengar kuno, hobi memancing ikan nyatanya hingga kini masih memiliki banyak peminat.


"Namanya juga hobi, itupun masih ada stigma demikian. Sesungguhkan hobi memancing ikan mengajarkan kita berbagai hal, salah satunya kesabaran," ungkat Rachmat kepada Wartawan, Senin, (21/6/21).


Diterangkannya, menyakini dengan kegiatan memancing ikan, bisa memperoleh beberapa manfaat kesehatan. Apalagi saat memancing terkena paparan sinar matahari langsung, terutama waktu pagi sampai sebelum tengah hari, tentu termasuk salah satu memiliki sumber vitamin bagi tubuh.


"Jadi berjemur saat memancing dan terkena sinar matahari akan menjadi sumber vitamin D yang berdampak baik bagi kesehatan, terkhususnya waktu pagi hari," ungkapnya.


Ditambahkannya, kegembiraan memancing ikan asal tak berlebihan waktunya, termasuk dalah satu ikhtiar menjaga kesehatan. Tak kalah penting, dengan memancing akan bisa memperoleh relaksasi, menjadikan otak dan pikiran lebih rileks serta sebagai musuh stress.


Bahkan hal itu diyakini juga bisa menjauhkan dari rasa panik, was-was ataupun cemas yang berlebihan, yang justru bisa memicu menurunnya imunitas tubuh.

Diharapkan pula dengan memancing ikan sirkulasi darah kian lancar, banyak saraf pun menjadi aktif, misal bagian punggung, bahu, lengan, dan kaki.


Tak ketinggalan kegiatan memancing ikan dapat dijafikan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan jiwa, memupuk kesabaran, konsentrasi, serta rasa kebersamaan.

"Sejatinya, kebahagiaan itu kita sendiri yang merasakan. Kita sendiri yang tahu bagaimana cara ciptakan kebahagiaan, semua tergantung kepada hobi setiap manusia," imbuhnya.


Intinya, kata Rachmat, jadilah diri sendiri, dan tidak perlu susah payah mencari kebahagiaan menurut definisi orang lain yang tidak bermanfaat, dan tidak perlu menjadi orang lain untuk berbahagia, bersyukurlah atas kehidupan yang kita miliki, maka niscaya kebahagiaan itu akn selalu menyertai.